Rabu, 30 September 2015

Nabi Musa as. dan Khidr as. (Prophet Moses and Mr. Green)

KHIDR dan AKHIR ZAMAN



Khidr dan Akhir Zaman

Oleh Syeh Maulana Imran Nazar Hosein

Alhamdulillahi wa kafa –Wassolatu wassalamu ‘ngala ‘ngibadihilladzi nastofa – Aamma ba’du.
Fa’angudzubillahiminas-syaitonirrojiim – BismillahirroQhmaniiroQhiim.

“ wanazzalna‘ngalaikal-kitaaba-tibyanallikulli syai’in – wahudan waroqhmatan – wabusrolilmuslimiin ”.

Shodaqollohul adziim.

Surah An-Nahl, surah ke-16 dalamAl-Qur’an yang mermakna Lebah. Dan Allah SWT berfirman:

”Dan KAMI turunkan kitab(al-qur’an)kepada kamu Muhammad untuk menjelaskan segala sesuatu, dan di dalamkitab ini terdapat panduan terdapat penerangan dan panduan yang datang dariAllah SWT sebagai rahmat dan bagi sesiapa yang mempunya akal dan fikiran untuk menerimannya,memeluknya dan melaksanakannya, Maka berilah berita baik danmenyenangkan untuk mereka itu. Karena mereka akan memahami apa yang orang laintidak fahami dan mereka akan berhasil sedangkan yang lain gagal”.

segala puja – dan puji hanyabagi Allah SWT dan kita mengagungkan-Nya dan kita mohon padanya dengan penuhrasa rendah diri dan merayu kepada-Nya agar diberikan petunjuk-Nya - rahmat-Nyadan yang sangat penting untuk mendapat perlindungan-Nya.

Dan kita memohon kesejahteraandan rahmat-Nya untuk semua para Nabi terutama bagi Nabinya yang terakhir,baginda Nabi Muhammad sollallohu ta’ala alaihi wasallam (s.a.w)
               
Judulkuliah kita hari ini KHIDIR a.s dan Akhir Zaman.

Saudara dan saudaridan imam yang dihormati disini di masjid al ghufron di taman tun Dr ismail di kuala lumpurMalaysia, topik kita kali ini adalah “ Khidir a.s dan Akhrul Zaman”. Kita ulangi lagi topik ini dan mungkin kita perlu mengulanginya di tempat lain,ini menunjukkan betapa pentingnya subyek ini. Ini merupakan subyek/judul yang sangat menarik sesuatu yang anda semua ingin tau,memahami dan mengambil manfa’atnya dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain,terutama kepada keluarga anda sendiri.

Dan kita mulai dengan Nabi Musaa.s yang merupakan Nabi terunggul bani israil dan bermula dari Nabi Musa a.s kitapun telah mengenali bahwa banyak yang harus diceritakan mengenai subyek ini walaupun subyek ini telah diceritakan kepada kaum yahudi sebelumnya.Pesan-pesanpun telah kami kirim kepada mereka kaum yahudi dan kami menjemput mereka untuk mendengar pesan itu pada ceramah malam ini yaitu orang-orang yahudi. Karena ini (Musa a.s) adalah juga nabi kamu (kaum yahudi) dan bagindaMuhammad s.a.w adalah nabi kita semua baik yahudi atau bukan yahudi.

Nabi Musa a.s dan ceritanya ada dalam shahih Bukhari; telah memberikan khutbah di padang pasir Sinai dan bukandi ‘hospital of mahattan amerika’ kemudian seorang laki-laki bani israil datang/menghampirinya dan berkata kepadanya (Musa a.s) “wahai musa a.s khutbah yang sungguh hebat pastinya kamu orang yang paling ber-ilmu di dunia ini” dan Musa a.s pun menjawab; “ Ya, saya adalah orang yang paling berilmu di dunia ini” dan pada ketika keseluruhan cerita itu telah tersebar kepada bani israil karena itulah mereka menganggap diri mereka begitu istimewa. Mereka (bani israil)percaya bahwa merekalah golongan elit dari kalangan umat manusia, bahwamerekalah yang paling tinggi martabatnya dibandingkan orang lain.

Dan mereka (kaum yahudi baniisrail) tau saya (Syeh Imran hosein) berbicara benar, mereka tau apa yang saya katakan dan mereka tidak dapat menafikkan saya/menolak apa yang saya katakan bahwa mereka adalah golongan elit dari kalangan umat manusia dan semua orang didunia ini dan selain dari mereka di-kenalnya dengan sebagai“ al-umiyyun” alumiyyun ada kalanya di terjemahkan sebagai “Gentile (bukan yahudi)(non-yahudi)  atau dinamakan dengan “lipas-lipas”.

Kita ini dimata mereka orang/manusia yang rendah martabatnya dan mereka ( yahudi bani israil) adalah golongan elite.Mereka menganggap dunia ini milik mereka;merekalah orang yang paling ber-ilmu dan surga telah diciptakan untuk mereka.

Dan Allah SWT memberi respon terhadap sikap mereka dalam Al-Qur’an yaitu sikap terhadap anggapan mereka”bahwa mereka-lah yang paling tinggi martabatnya” disbanding orng lain. Dan mereka tau saya ( Syeh Imran hosein)bicara benar, mereka tau dan meeka tidak dapat menafikkan saya/menolak saya, bahwa mereka adalah golongan elite dari kalangan umat manusia dan semua orang lain selain mereka  di dunia dikenal sebagai“al-umiyyun/gentile/non yahudi”. Adakalanya diterjemahkan/diartikan sebagaiGentile(bukan yahudi)atau dikenal sebagai lipas-lipas. Kita ini golongan yangrendah martabatnya dan mereka(yahudi) adalah ogolongan rang yang elite danmereka beranggapan surga telah di ciptakan untuk mereka.

Sehingga Allah memberikan respon terhadap anggapan mereka dan Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah al-jumu’a –6

Ba’dahuwa’a ‘ngudzubillahiminassyaitonirrojiim bismillahirroqhmanirroqhiim.,” Qul yaayyuhalldzina haadu inna zangamtum annakum auliyaa’u lillahi mingduninnasi fatanammwul mauta ing kungtungtum shoodiqiin” shodaqollohul ngadziim.

“jika kamu percaya bahwa kamu orang-orang yang pilihan Allah bahwa kamulah orang-orang yang paling ber-ilmu dan surga khusus disediakan untukmu, mengapa kamu tidak menghendakkan/megharapkan mati? Jika kamu benar-benar yakin pada kepercayaan-mu itu. Tapi tidak,mereka tidak akan melakukannya.
Jadi kata-kata inilah yang di-letakkan pada mulut Nabi Musa a.s inilah pendapat saya dan Allah yang lebih mengetahuinya.

Nabi Musa mengatakan “Ya, sayalah orang yang paling berilmu dari semua manusia, sebenarnya beliau (Musa a.s)berbicara untuk kaumnya yang mempunyai kepercayaan terpesong/menyeleweng itu.Birakan saya mengulanginya sekali lagi bahwa apabila saya sedang memberikan opini/pendapat saya mengenai suatu perkara seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini “saya tidak mau anda menerima pendapat saya, Tidak … jangan menerima pendapat saya sampai anda yakin bahwa apa yang saya katakan adalah benar. Hanya setelah itu anda boleh menerima pendapat orang lain.

Jadi ketika apabila beliau (NabiMusa a.s) berkata “ Ya,sayalah orang yang paling ber-ilmu dari kalangan manusia” dan Allah memberikan respon/jawaban dan berfirman kepadanya dan tentunya firman itu untuk bani israil termasuk untuk mereka yang sekarang menguasai Negara Israel.

Allah memberikan respon/jawaban: “ Tidak,bukan kamu!Kamu bukanlah orang yang paling ber-ilmu dari kalangan manusia. Terdapat seorang dari hamba-Ku yang lebih berilmu dari pada kamu”.
(Dan jika orang yahudi mendengar ceramah ini pastinya mereka-akan menjadi heran) “siapakah dia”(manusia yang lebih ber-ilmu dari Musa a.s ?) ”siapakah orang yang paling berilmu diantara semua manusia?”.

Dan sambil kita lanjutkan ceramah ini, anda akan sadar bahwa Allah sedang merujuk kepada seseorang khususnya mengenai akhir zaman dan siapakah yang paling ber-ilmu dari umat manusia di akhir zaman?Jadi Nabi Musa a.s berkata:”saya ingin bertemu dengannya (dengan orang yangpaling berilmu itu)”.

Syeh Imran hosein menunjukkan kepada kaum yahudi pada malam ini untuk mengulangi apa yang dikatakan oleh NabiMusa a.s “saya ingin berjumpa dengan orang yang paling berilmu itu”. Supaya kita yang mengikuti Nabi Muhammad s.a.w dan kita bisa membawa anda kepadanya (orang yang paling berilmu itu) malam ini . Dan Allah berfirman yang kamu akan berjumpa dengannya di tempat dimana dua lautan bertemu”Majma’ul Bahroini”. Ditempat dimana dua lautan bertemu,kita akan kembali kepada perkara itu sebentarlagi isnyaallah.

Jadi Allah memerintahkan Musa a.smengambil se-ekor ikan dan meletakannya dalam bakul. Dan Musa a.s meletakkan ikan itu kedalam bakul dan pergi ke tempat dimana dua lautan bertemu dan apabila ikan itu melompat keluar dari bakul,”maknanya/maksudnya adalah yang mati akan kembali hidup” dan ikan itu mendapatkan jalan kembali kedalam air ketika itulah kamu akan berjumpa dengannya.

Jadi Nabi Musa a.s membawa seorang pemuda, Al-qur’an tidak memberitahu siapa pemuda itu,tetapi orang muda biasa atau senantiasa tertarik kepada mereka yang merupakan guru dan mereka mencari orang yang paling berilmu, jadi pemuda itu telah pergi bersama Nabi musa a.s dengan bakul yang berisi ikan.

Dan disinilah kisah ini bermula atau ceritanya bermula dalam Al-Qur’an. Dan itu di jumpai dalam surah A-Qur’an surahal-kahfi, dan surah al-kahfi adalah surah yang unik, Oh ya! Nabi Muhammad s.a.w bersabda bahwa ujian dan fitnah yang paling hebat yang manusia akan mengalaminya dari zaman Nabi adam a.s hingga hari kiamat adalah fitnah dajjal/al-masih palsu, yang mencoba untuk menyamar sebagai al-masih asli  dan al-masih yang asli adalah Nabi Isa a.sputra Maryam,semua anak sekolah tahu itu. Bila al-masih yang asli/Nabi Isa a.skembali,Nabi Muhammad s.a.w bersabda dia akan menjadi seorang pemimpin/hakim.

Adakah pemerintahannya terikat dibawah kekuasaan PBB ? Apakan dia harus mematuhi PBB dan bersekutu dengan mereka ? ayolah omong kosong macam apa itu … beritau kepada mereka yang ada di Washington

Apabila Nabi Isa a.s kembali kedunia ini sebagai pemimpin beliau akan menjadi pemimpin diseluruh dunia, dialah yang akan menjadi pemimpin tertinggi dan tak kan ada siappun yang bisa menyainginya karena Allah telah mengutusnya.

Dan Nabi Muhammad s.a.w bersabda lagi bahwa pemerintahan Nabi Isa akan berdasar pada keadilan. Mereka yang saat ini memerintah dunia (PBB,NATO dll) dengan tangan yang berlumuran darah dan melakukannya dengan sombong dan kejam dengan ketidak-adilan seperti teroris dan sejenisnya. Tidak ada orang lain yang lebih buruk dari mereka itu.

Jika dajjal, maaf saya harusbicara pelan-pelan sekArang,

Jika dajjal mencoba untuk menyamar sebagai al-masih yang asli dan meyakinkan kaum yahudi bahwa dialah al-masih yang asli, tentulah dia perlu memerintah dunia seperti al-masih yang asli,bukankah begitu ?agar orang yahudi percaya bahwa dia al-masih asli! Dan sekarang dia(djjal/al-masih palsu) sudah hampir mencapai tujuannya untuk menguasai dunia, mungkin beberapa tahun lagi saja. Dan dia akan meletakkan Negara Israel sebagai Negara penguasa dunia.

Oleh sebab itulah akan ada peperangan yang sangat besar yang akan terjadi, mungkin bisa saja beberapa bulan lagi dari sekarang dan perang besar itu bertujuan untuk menjadikan Negara Israel sebagai Negara adikuasa dunia itulah rencananya. Dan jika Israel menjadi Negara penguasa dunia maka dajjal akan muncul dalam bentuk/wujud manusia, diapun sudah berada disini tapi anda tidak dapat melihatnya dan kemudian dia akan berdiri di yerusalem, dia akan datang dari khurasan tetapi dia akan berdiri di yerusalem sebagai pemerintah Israel dan berkata “ aku-lah al-masih”, tetapi dia bukanlah al-masih, diaadalah al-masih palsu/ad-dajjal. Dan dia (dajjal) mengunakan banyak strategi-strategi/tipuan untuk mencapai tujuannya menguasai dunia.Salah satu caranya adalah menggunakan uang dan ekonomi.

Jadi rasulullah s.a.w bersabda bahwa fitnah yang paling hebat yang akan dialami umat manusia dari zaman Nabi Adam a.s hingga hari kiamat adalah fitnah dajjal, ujiannya,cobaannya dan tipudayanya. Dan jika dia menguji kita dan kita gagal berarti dia berhasil dan dia akan memerintah dunia. Tidak ada satupun/keterangan-pun yang bisa ditemukan tentang dajjal dalam Al-Qur an yang menerangkan dajjal secara langsung tapi Nabi Muhammad s.a.w bersabda bahwa jika kamu membaca 10 ayat pertama dari surahal-kahfi dan dalam hadist lain 10 ayat terakhir juaga, itu akan bisa melindungi kamu dari fitnah dajjal.

Jadi surah al-kahfi telah di diketahui/dikenali sebagai surah-nya ilmu akhirul zaman/Islamic Escatology.

Karena dajjal adalah perancang utama akhir zaman dan pada permulaan ayat surah al-kahfi ini memberikan kamu perlindungan dari fitnahnya. Tapi surah itu mempunyai kelebihan lain lagi dan kita akan bicarakan nanti,insyaAllah.

Jadi dalam surah al-kahfi inilah dan surah ini tidak secara kebetulan yang Allah sekarang telah memilih untuk menceritakan episode dari Nabi Musa a.s mengembara ketempat dimana dua lautan bertemu dalam usaha mencari orang yang paling berilmu, ini bukanlah suatu kebetulan karena terdapat hubungan antara dajjal dengan orang yang palingber-ilmu ini.

Dan kamu berbicara malam ini kepada kalian wahai kaum yahudi, dan kami pengikut Nabi Muhammad s.a.w, kami membawa anda kedalam pengembaraan supaya anda bisa bertemu dengan dengan mereka yang lebih berilmu, lebih berilmu daripada kalian (bangsa yahudi), dia dikenal dengan “Khidir a.s” tapi namanya tidak ditemui dalam Al-Qur’an, mengapa? Sepertinya ini pertanyaan menarik. Mengapa Allah tidak memasukkan nama Dajjal dalam Al-Qur’an, mengapa?

Sedangkan tak ada siapapun yang memberikan ancaman terbesar pada ke-imanan kecuali dajjal.
Tidak …! Walaupunsyatan sekalipun!.

Mengapa juga nama Khidir tidak ditemukan juga dalamAl-Qur’an,mengapa ?? apakah ini kebetulan atau tak di sengaja? Tidak .!!! dan apabila kita teruskan, jika saya terlupa tolong ingatkan saya. Kita akan jelaskan mengapa pada pendapat kami mengapa nama ini tidak ditemukan dalam Al-Qur’an tetapi pengembara’an yang di laluinya ini dapat di temukan dalam surah al-kahfi.

Dan saya ingin menyatakan kepada anda bahwa saya ingin berbagi dengan anda oleh karena saya telah mengkaji masalah ini lebih dari 20 tahun “Ilmu Akhirul Zaman”.Saya ingin berbagi dengan anda mengenai pendapat saya, yang mana tiada petikan dalam keseluruhan Al-Qur’an yang lebih penting dalam memahami ilmu akhirulzaman dan untuk memahami akhir zaman. Selain petikan dari ayat Al-Qur’an yaitu pertemuan antara Khidir a.s dan Musa a.s yang terdapat dalam surah al-kahfi ini.

Jadi mungkin anda ingin kembali ke al-qur’an anda dan duduk mengkaji kutipan ayat ini .

Saya telah mengarang buku ini “Surah Al-Kaf dan Zaman Modern” dan dalam buku ini ada bab yang menerangkan mengenai pertemuan Khidir a.s dan Musa a.s, tapi jangan membacanya terlebih dahulu, rujuk dulu kedalam Al-Qur’an dan pelajarilah sendiri subyek ini dan setelah anda mengkajinya kemudian barulah baca apa yang saya tulis, jangan abaikan pekerjaan rumah (PR) anda.

Mengapa dia …Khidr, Khidr yang bermakna Hijau,jadi apabila saya mengajar siswa-siswa saya mengenai topik ini saya memangilnya “guru hijau”.

Mengapa dia dipanggil “ khidr/hijau”?.

Tak ada seorang-pun yang tau dalam al-qur’an dan hadist yang mempunyai nama yang mana namanya adalah menggunakan  warna ” hijau ”. Nabi Muhammad s.a.w telah bersabda bahwa khidir a.s suatu ketika telah pergi kesuatu tempat yang gersang,daerah berwarna coklat tak ada apapun yang tumbuh dan dia duduk disuatu tempat dan apabila dia duduk disana semuanya berubah menjadi hijau seperti Indonesia, anda tau kan betapa hijaunya Indonesia?

Apabila orang padang pasir arab datang ke Indonesia mereka akan berkata “inilah surga” disini semuanya hijau jadi apa bila dia(khidir)duduk diatas tanah gersang tersbut seperti abu dhabi,dubai anda tau ? segalanya berubah menjadi hijau mengapa bisa demikian?dan dia menyebabkan smuanya menjadi hijau. Jawabannya ada dalam cerita yang akan kita lanjutkan ini.

Jadi Musa a.s dalam mencari orang yang paling berilmu diantara semua manusia yang dikenal sebagai “mister hijau/Khidir a.s”. Apabila saya gunakan perkataan a.s (alaihissalam) masalah timbulkarena budaya keagamaan kita didalam islam sebab kita biasanya berbicara mengenai Nabi, dan kita sebutkan seperti Musa a.s,Isa a.s,Sulaiman a.s dll. Jadi apakahdia seorang nabi (khidir) ? mengapa kamu sebut “KHIDIR A.S” ?

Tidak, kita tidak tau apakah dia seorang nabi atau bukan, hadist juga tidak menjawab/menerangkan hal tersebut. Dan penceramah tidak akan menjawab persoalan tersebut, tetapi kita tau bahwa seorang Nabi Allah yang mana adalah diantara yang tinggi kedudukannya terpaksa pergi kepadanya(khidir) sebagai pelajar dan duduk berguru.

Guru seorang Nabi ?? ini merupakan laki-laki yang tinggi kedudukannya jadi tentu saja orang yahudi berminat untuk mengetahui tentangnya.

Ketika mereka berjalan kearah dimana dua lautan bertemu kita bertemu pula dengan masalah yang kedua,apakah ini untuk difahami secara langsung/literer/dari segi bahasa,:*apakah itu lautan pasifik dan lautan atlantik dan dimana keduanya bertemu? apa di cape town? itu yangmereka beritau pada saya kamu akan bertemu dengan orang yang paling berilmu dicape town?

Pada pendapat saya dengan rasa hormat … ini tidaklah sepantasnya yang ini tidak sepatutnya didifahami secara langsung/literer(zahir).

Dan sekarang kita sampai pada masalah yang kedua,masalah kedua terdapat pengkaedahan interpretasi/ijtihad/penafsiran/methodology yang mana paling menonjol dalam islam hari ini, yang mengisytiharkan/declare apabila ada kesalahan pada pendapat saya tapi saya bebicara dengan rasa hormat bukan dengan tidak hormat.

Yang mana Allah dan Nabi-Nya a.s (alaihissalam) dan muslim generasi awal yaitu para aslaf yaitu kata jamak bagi salaf hanya mereka saja yang dibenarkan untuk menafsirkan/meng-interpretasikan Al-Qur,an dan Al-Hadistdan jika mereka tidak membuat tafsiran anda tidak boleh menafsirkan, Tidak…takboleh.

Dan saya bilang tidak, anda (pendapat para aslaf) salah!

Pengetahuan tidak berhenti dari 1400 tahun yang lalu,terdapat banyak ilmu didalam Al-Qur’an yang telah disampaikan, terdapat banyak lagi ilmu didalam alqur’an yang telah disampaikan kepada kita oleh para aslaf, dan ilmu baru yang datang akan menjelaskan Al-Qur’an sebagai tambahan dari apa yang telah diberikan oleh para aslaf mengenai ilmu dalam Al-Qur’an.

Jadi terdapat mufassir Al-Qur’an yaitu Imam Baidhawi rahimahumullah dan Imam baidawi berkata bahwa dua lautan bukanlah lautan pasifik dan atlantik akan tetapi itu merujuk kepada dua lautan lain secara simboliknya,sebagai contohnya lautan ilmu yang datangnya dari langit, lautan ilmu yang diterima secara internal dan itu tidak berhenti sejak 1400 tahun yang lalu, dan malahan sampai sekarang masih datang.

Dan lautan ilmu yang didapat dari luaran dan pengetahuan saintifik sebagai contohnya dan saya setuju yang inilah penafsiran yang benar bagi dua lautan itu. Yang mana terutama di akhir zaman kamu akan bertemu dengan orang yang paling berilmu dikalangan manusia.

Satu satunya orang yang dapat menembus dunia di akhir zaman satu satunya orang yang dapat menerangkan dunia akhir zaman satu-satunya orang yang dapat bertindak balas terhadap tantangan dunia*dunia akhir zaman* adalah mereka yang berdiri di “majma’ul bahroin”.Sarjana islam itu yang meng-gabungkan-nya, ilmu yang didapat dari luaran dan ilmu yang didapat dari dalaman.

Saya sekArang perlu berhenti disini karena saya perlu menjawab kritikan-kritikan yang menghujani saya, malah mereka sekarang mencemooh saya tetapi saya tidak akan memberi respon kepada cemo-ohan mereka.

Adakah lagi ilmu yang bisa diterima sampai hari ini? Ilmu yang baru ? biar saya bawa mereka,karena anda pun telah tau,biar saya beritau mereka yang Nabi Muhammd s.a.w bersabda, hadist ini ada dalam shahih bukhari.

Sabdanya bahwa “ Nubuwwah” atau kenabian terdiri dari beberapa bagian.


Sabdanyabahwa “ Nubuwwa” atau kenabian terdiri dari 46 bagian yang berbeda beliaubersabda

“setelahku tiada lagi kenabianyang tertinggal didunia ini kecuali satu bagian dan satu bagian dari “Nubuwwa”itu atau bagian kenabian yang masih ada hingga saat ini disini di masjid iniadalah “ Ruqyah shodiqah” dan “Ruqyah sholiqhah”. Vision (penglihatan internal)yang baik dan visi yang benar – Mimpi yang baik dan mimpi yang benar dan semuaitu masih ada sampai hari ini.

Jadi Ilmu masihterus datang kepada kita hingga hari ini,ilmu yang baru yang datangnya dariAllah,dan ilmu pengetahuan itu statusnya adalah sebagai salah satu bagian kenabianyang masih tinggal di dunia ini. Mereka tidak boleh memberikan jawaban atasyang kritikal/penting/mendesak pada perkara ini. Tidak tuan !

Tentu saja jikailmu itu datang tidak mempunyai status seperti Al-Qur’an, tidak..! ini tidakdisandarkan pada siapa siapa, jadi apabila seseorang berbagi ilmu tersebutkepada orang lain anda perlu berkata “Allahu a’lam” (Allah yang mahamengetahui). Ini tidak di wajibkan atau tidak terikat kepada siapa-siapa,tapiilmu yang baru masih datang terus kedunia dan sekarang ini termasuk dalam masjidini dan saya akan berikan anda satu dari contohnya dari surah al-maidah masihingat dengan “jangan ambil yahudi dan nasrani sebagai teman dan sekutu” andamasih ingat kan ?.

Dan disini sayaterangkan kepada anda yang Allah tidak membicarakan semua yahudi atau semuaKristen, Tidak! Jadi yahudi yang mana? dan Kristen yang mana? Dan ini tidakpernah di Tanya sebelumnya,ini kali pertama dipertanyakan dan kemudian sayaberkata jawabannya ada dalam ayat setelahnya/seterusnya :

“ba’duhum auliyaba’dho” yang berarti jangan ambil yahudi tertentu dan jangan ambil Kristentertentu sebagai teman dan sekutu yang mana sesama mereka/diantara merekaadalah berteman/bekerja sama/bersekutu satu dengan yang lainnya.

Orang yahudidan Kristen ini tidak akan beteman dan sekutu sesama mereka sampai “Kristen Barat” bukan Kristen timur,bukanRusia,bukan Greece,bukan Romania,bukan Bulgaria,bukan Polandia. Kristen Barat Britain/Inggris,Prancis,Amerika serikat,Jerman apabila Kristen barat ini bergabung dengan YahudiEropa untuk mewujudkan/membentuk aliansi “Judeo Christian”yang hari inimempunya NATO sebagai pasukan tentaranya inilah ayng Allah maksudkan! Janganambil mereka sebagai teman dan sekutumu dan jika kamu melakukannya“wamayyatwallahum mingkum fainnahu minhum ” kamu akan kehilanganke-Islamankamu.

Sebagaimanahilangnya Libya yang mana hari ini adalah Negara Zionis Lbya, jadi inilah ilmuyang baru; tak ada satupun orang yang pernah menerangkan ayat tersebut sepertiapa yang telah saya (syeh Imran hosein) terangkan sebelumnya inilah pertamakalinya.

Tapi apa karenabaru pertama kalinya sehingga tidak pantas untuk di pertimbangkan? Apa itusalah ? tidak sama sekali itu merupakan ilmu yang baru dan saya yakin ituadalah tafsiran interpretasi Al-Qur’an yang benar. Tapi anda tidak bolehberlagak sombong untuk mengatakan inilah yang benar,anda sebut saja bahwa Allahyang maha mengetahui. Tunjukkan dan biarkan orang-rang yang menilainya.

Jadidia (imam baidawi) berkata bahwa dua lautan itu adalah merupakan lautan ilmuyang didapat dari luaran, ilmu sains/umum sebagai contohnya dan ilmu yangditerima dari internal, dan lautan itu belum kering hingga sekarang !

Saya harap kaum yahudi mendengarkannya!Karena itu merupakan sesuatu yang amat penting dalam waktu 20 tahun mendatang ,itulah perbedaan kami (Muslim) dan kamu ( Yahudi ) dan ceramah malam iniditujukan kepada kamu kaum yahudi.
 
Guru saya yang dirahmati Allah Maulana DR.MohammadFdlurrahman Al Anshari rahimahumulloh Ilmunya adalah “majma’ul bahroin” beliaumewakili/representasi dari majma’ul bahroin ini. Lautan ilmu yang diperolehdari luaran dan lautan ilmu yang peroleh dari dalaman dan di gabungkan denganharmonis secara keseluruhan,itulah pengkaedahan/metodology.

Jadi mereka mengembara ketempat dimana dua lautan bertemudan apabila mereka menghampiri tempat itu mereka berhenti disebuah baru untukberistrahat sejenak dan ketika Nabi Musa a.s meletakkan kepalanya diatas batudan dia tertidur,ikan itu kembali hidup. Sebagaimana saya katakan saya tidak tau apakah ini ikan goring apaikan bakar dll yang jelas itu adalah ikan dan ikan tu kembali hidup kemudianikan iju melompat keluar dari bakul.

Jadi ada sesuatu mengenai tempat itu,seseorangdisini yang dapat menghidupkan kembali yang telah mati dan ikan itu berhasilkembali ke dalam airdan pemuda itu(temannya Nabi Musa a.s)melihatnya. KetikaMusa a.s terbangun beliau kemudian meneruskan perjalanannya tanpa mengetahuiapa yang terjadi meneruskan perjalanannya meninggalkan batu tadi, tetapisekarang perjalanan tersebut menjadi sesuatu yang melelahkan,membosankan,beliau kecapek an  surah al-kahfi ayat62:

Seperti yang diterangkan dalam surah al kahfi ini ;
“ Maka tatkalamereka berjalan lebih jauh, berkatalah Musa kepada muridnya: "Bawalahkemari makanan kita; sesungguhnya kita telah merasa letih karena perjalanankita ini".

Perjalanan ini menjadi sesuatu yang me-menatkan/membuatcapek/me-lelahkan. Satu pengajaran yang mendalam :

“sewaktu mereka menuju ke-arah batu itu mereka tidak merasaletih/lelah,kamu bisa berusia 90 tahun dan kamu mempunya tongkat dan kamumerasa muda dan kamu bergerak dengan lancarnya dalam kehidupan kamu,taka dayang membuatmu bosan,hidup ini sungguh indah,taka da yang membosankan dalamhidup saya,dan saya berusia 90 tahun tapi semuanya sangat menarik tiada yangmembosankan,tetapi jika anda berada di jalan yang salah …

“Syeh …. Saya mendapat e-mail daya tidak tau ahrus berbuatapa “Syeh saya tidak suka tempat yang saya tinggali ini. “Syeh kemana sayaahrus pergi.”Apa yang harus saya lakukan?

Jika kamu berjalan di jalan yangsalah maka kamu akan menjadi keliru, Ya… tidak senang/sedih/booring/letih dll

dll    kamu tidak ada disana kamu tidak adadisini. Jika kamu berjalan dijalan yang salam maka kamu akan merasa sepertiitu.

Jadi surah al-kahfi telahmemberikan kaidah kepada anda,anda bisa menguji diri anda sendiri.
Apakah kamuberlayar dengan lancarnya ataukah kamu hanya hanyut tak tau arah kamu akanpergi.
Ketika Musa a.s sudah tak tahan dengan perjalanan yang melelahkan inimaka beliau pun berhenti.
Beliau berkata “bawakan makanan saya sudah lapar,marimakan”.
Kemudia pemuda itu (pemuda yang ikut Nabi Musa a.s) berkata “Ooh..Ohhsaya melupakan sesuatu yang hendak aku katakan padamu” Tapi Allah s.w.tBerfirman “Tidak, dia tidak lupa – syaitan lah yang menyebankan dia lupa ” dansyaitan bisa menyebabkan kita semua lupa termasuk saya.

Maka dari itu kitaselalu berdo’a kepada Allah dan memohon ampunan-Nya dan memohon kepada-Nya agarselalu memebrikan kepada kita jalan yang lurus terhindar dari jalan yang penuhke-alpaan
(Q.S Al-Kahfi 18:24)

إِلاأَنْ يَشَاءَ اللَّهُ وَاذْكُرْرَبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْعَسَى أَنْ يَهْدِيَنِ رَبِّيلأقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَدًا

"kecuali (dengan menyebut): 'Insya Allah'. Dan ingatlah kepadaRabb-mu, jika kamu lupa, dan katakanlah: 'Mudah-mudahan Rabb-ku akan memberikupetunjuk, kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini'." –(QS.18:24)

Kemudia pemuda itu (pemuda yangikut Nabi Musa a.s) berkata “saya melupakan sesuatu yang hendak aku katakanapadamu apa yang telah terjadi , ikan tersebut telah hidup kembali dan melompatkeluar dari bakul dan mendapatkan jalan ke air”. Kemudia Musa a.s berkata “Itulah apa yang sedang kita cari sekarang mari kita kembali  “.
Jadi mereka kembali ke batu itu (batudimana ikan tersebut kembali hidup).
Dan saat mereka kembali sampai ke batu itumaka Nampak seorang laki laki sedang duduk di batu tersebut.

Dalam shahih Bukhari kitadiberitau bahw musa memberi salam kepadanya , mungkin “assalamualaikum” danlaki laki itu melihat kearah Musa a.s yang telah memberikan salam seperti itu ,di tempat sepi seperti ini dan berkata “siapa anda ini”? kemudian Musa a.s menjawabdan berkata “ saya Musa”.
Sekarang dengarkan baik baik … dengar .. laki lakiitu berkata lagi , saya musa , kamu Musa ??
Saya harap orang orang yahudimendengarkan ini

Dia (Khidr/laki laki yang dudukdiatas batu tadi) bertanya
”Musa yang mana?” Musa bani isra’il itu kah?
( ituberarati wahwa dia (Khidr) bukan baiisra’il, dia bukan bani isra’il tapi dia lebih berilmu dari bani israil *NabiMusa a.s*).Jadi kalian bai israil,kalian bukanlah orang yang paling berilmu didunia ini karena ada yang yang lebih berilmu dari kalian yaitu Khidr. Mereka siapasaja yang menikuti khidr a.s mereka lebih berilmu dari kalian (bani israil)

Musa menjawab “ ya, sayalah Musaitu dari bani Israil”.
Dalam percakapan mereka ituperhatikanlah keindahan yang ada pada kenyataan pernyataan itu yang manaseorang yang berilmu berbicara,seorang berilmu tidak pernah bersikap sombong.Mereka yang mempunyai ilmu,siapa saja atau jika anda  mempunyaiperasaan sombong dan membanggakandiri maka Allah akan mengambil kembali ilmun-Nya dari diri anda. Dalam hal ituAllah telah mengruniakan kepada anda ilmu yang tidak say miliki,betapabaikanya/beruntungnya itu ..dan Allah telah mengaruniakan ilmu kepada saya yangtidak anda miliki juga.

Dan kemudian Qur’an melanjutkancerita/kisah tersebut, ini ada didalam hadist.
Jadi saat dia(Musa a.s) berjumpadengan Khidr a.s yang sedang duduk diatas batu dan Allah sekarang telahmenjelaskan bahwa Khidr a.s adalah sebagai  “Abdah”-Nya/hamba-Nya.
Abdah yangmengindikasikan/menunjukkan bahwa “Abdah” bermaksud hamba-Nya
maka itu berartidia (Khidr a.s ) adalah “manusia” yang berarti bukan jin ataupunmalaikat,
”Abd”… berarti seorang manusia.

Tapi Dia(Allah) menceritakan mengenaiKhidr a.s dalam Q.S Al-kahfi ayat 65

فَوَجَدَاعَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُرَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُمِنْ لَدُنَّا عِلْمًا

Fawajadaa 'abdan min 'ibaadinaa aatainaahu rahmatan min 'indinaawa'allamnaahu min ladunnaa 'ilman.
"Lalu mereka bertemu denganseorang hamba (Khidhr), di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikankepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmudari sisi Kami."

Dua perkara … yaitu

Allah s.wt memberikannya (pada Khidra.s) ilmu yang langsung dari Allah –
“Aku memberikannya ilmu terus daripada-KU”وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا– wa'allamnaahu min ladunnaa 'ilman.

Tapi Allah tidak berhenti samapi disitu Allah memberikan sesuatu yang lain lagi kepadanya (kepada Khidr a.s). jadiini adalah satu perkawinan dua buah anugrah, dan anda perlu dua benda ini untukmembuatnya bisa berfungsi – “Aku ( Allah) berikan padanya Ilmu dan Aku berikanpadanya Rahmah”.
Rahmah adalah sifat baik hati, rahmah adalah sikap belaskasihan terhadap penderitaan orang lain, rahmah ialah kemampuan untuk merasakanapa yang orang lain rasakan untuk menjadi seorang pengasih.
Jadi ilmu dankebaikan selalu datang bersama-sama dalam diri Khidr a.s

Jadi jika nda menginginkan ilmu ,kamu harus tunjukkan kebaikan – kebaikan dan belas kasih harus tertulisdiseluruh diri anda. Seorang yang baik hati dan belas kasihan juga adalahseorang pemaaf. Jadi orang baik hati itu sekali kali tidak akan berkata “akutidak akan pernah memaafkan kamu” tapi dia akn berkata “Tuhan maafkan aku”,Tidak…

Anda harus bersedia memaafkanmemaafkan semua kesalahan, Allah berfirman,Q.S azzumar 39 :53. إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُالذُّنُوبَ جَمِيعًا - innallaha yaghfirudz-dzunuuba jamii'an.” Allah mengampuni dosa-dosasemuanya”. Jadi mengapa anda tidak ?

Jadi sekarang kita mempunyapelajaran yang penting untuk disampaikan kepda mereka yaitu kepada kaum Yahudi,suatu pelajaran yang sangat penting yang kamu tidak akan sampai pada tahap ilmuyang di milikinya. Tidak kira bagaimanapun kamu mengembara, kamu tidak akanmungkin dapat mencapai ilmu yang di milikinya yaitu seseorang yang palingberilmu diantara semua manusia, kecuali; ” bukan saja kamu mendapatkan Ilmudari Allah tetapi kamu juga harus mempunyai kebaikan dan belas kasih yang tertulispada seluruh diri anda.

Nampaknya ini adalah sesuatu yangmustahil bagi Zionist karena mereka adalah manusia yang sombong,congkak dankejam. Dan mereka bertanggung jawab atas penindasan yang kejam yang telahmereka lakukan.
Seseorang yang paling berilmu dikalangan manusia di akhir zaman adalah bukan saja dia mendapatkan ilmu dariatas (langit) dan yang menggabungkan ilmu yang diterima dari dalaman denganilmu yang didapat dari luaran dan menggabungkannya secara harmoni “majmaulbahroin” tapi mereka yang paling berilmu di akhir zaman adalah bukan saja meekayang memiliki ilmu tersebut yang mana dapat menembusi/melihat/mengenalirealitas dunia saat ini tapi juga adalah mereka yang mempunya kebaikan danbelas kasih dalam diri mereka dan inilah sunnah Nabi.

Nabi Muhamamad s.a.w adalahseorang yang mempunyai kebaikan dan belas kasih yang ”tertulis” pada seluruhdirinya. Dan dalam mencari pemimpin, dalam mencari seprang pemberi panduanuntuk anda bertahun tahun mendatang dengan pata generasi muda saya yang sayasedang ajak bicara saat ini kalian semuanya “ carilah orang yang seperti iniyaitu orang yang mengikuti jejak Khidr a.s”.

Nabi Musa a.s berkata kepadanya, sayaingin mengikuti kamu supaya saya bisa belajar apa yang telah Allah karuniakankepada kamu. Apa kalian semua mendengar ini hai bani israil? Ini adalah katakata nabi kalian,kalian akan Berjaya jika melakukan apa yang di lakukan NabiMusa a.s untuk pergi mencari orang yang lebih berilmu dari kalian,dan melangkahturun dari tingkat kesombonganmu. Kemudian Khiidr a.s memberikan jawaban,halini sangatlah penting tapi sebelum saya memberikan jawabannya Khidr itu dengananda semua (para pendengar) kita perlu melihat pada keterkaitan hubungan antaraKhidr a.s dan Dajjal.

Kita tau bahwa ilmu yang Khidrmiliki bukanlah ilmu yang “mekanis” , anda pergi ke universitas anda habiskansemua kursusnya/mata pelajarannya , kemudian anda lulus , anda belajar kitabini  dan kitab itusampai anda hafal namanama kitabnya,anda tau itu semua adalah pengetahuan yang didapat dengan caramekanis. Anda hanya teruskan semacam mesing mengulang dan mengulanginya. Ilmuyang di miliki lelaki ini adalah berbeda,karena ilmu yang di milikinya bisamenghidupkan yang mati,oleh sebab itulah bumi menjadi sangat hijau sepertiCameroon highland, kehijauan. Dimana saja dia pergi dan menyampaikan ilmu dandia menyampaikan ilmu , ianya seperti hujan yang turun dari langit dan tetesanairnya menembus hati manusia dan Ini adalah jenis ilmu yang berbeda , maka hatiyang mati akan kembali hidup.

Dajjal amat berbeda dengan Khidra.s , dajjal akan membuat anda kembali hidup apa bila anda mati. Dajjalmengambil yang hidup dan membuat mereka mati , jadi mereka berjalan jalan danmelihat lihat  seolah-olah mereka hidup ,tapi sebenarnya mereka telah mati. Hati mereka telah mati. Jadi ada perbedaanyang besar antara Khidr a.s dan dajjal.

Nabi Muhammad s.a.w bersabdabahwa setiap Nabi telah memberi peringatan kepada kaumnya mengenai dajjal danNabi Nuh a.s memberi peringatan kepada kaumnya mengenai dajjal , tapi aku inginmemberitau kamu sesuatu yang tidak siapapun pernah memberitaunya sebelum ini.Dajjal melihat dengan mata kirinya , dan mata dia buta disebelah kanannya ianyaterlihat seperti buah anggur yang menonjol , tapi Tuhan kamu tidak bermatasatu. Diantara matanya , didahinya tertulis kata “kafir” – kaf,fa’,ro’. Dansetiap mukmin akan bisa membacanya biarpun dia bisa baca tulis atau tidak bisabaca tulis dia akan bisa membacanya.

Jadi Ali r.a dapat membacatulisan “kafir” itu tapi abu jahal tidak dapat membacanya ,  mengapa? Apa ada yang salah dengan mata abujahal? Jadi mari kita antarkan abu jahal ke dokter spesialis mata , untukmengetahuia apa ada ayng salah dengan matanya abu jahal mengapa tidak bisamembaca tulisan kafir itu. Dan kemudian laporan dari dokter datang danmengatakan bahwa penglihatannya abu jahal 20/20 jadi matanya normal taka damasalah. Tapi mengapa dia tidak bisa membacanya. Ali r.a bisa membacanyasedangkan abu jahal tidak bisa. Atau mungkin ali r.a membaca tidak dengan matafisik ini , apa??

Adakah kita ada mata lain selainmata ini? Saya belajar di havard , saya belajar di Cambridge , saya belajar diSorbonne , mereka tidak pernah memberitau kami sesuatu mengenai hal ini (mataselain kedua mata fisik ini). Saya buak Phd/Doktor saya , peradaban baratmengatakan bahwa kedua mata fisik ini saja yang kita punya , mereka bilang jadihal aneh apa yang anda katakan mengenai mata selain mata ini huh ?

Oh.. kalian tak baca Al-Qur’an ?al-qur’an mengatakan bahwa selain dari kedua mata fisik ini juga mempunyai  mata lain , ya.. ada . saya haran kalian semuapara saudara yahudi mendengarkan ini. Ya Qur’an mengatakan bahwa hati dapatmelihat , dan sekarang Mossad Israel akan merasa bimbang , dan CIA akan merasabimbang karena muslim ini mempunyai sesuatu yang mereka tidak punyai.Washington tidak mempunyainya , London tidak juga . Al-Qur an mengatakan bahwahati dapat melihat.

Q.S surah al hajj ayat 46

( 46 )   maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu merekamempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telingayang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata ituyang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

فَإِنَّهَالا تَعْمَى الأبْصَارُ- tidak , bukan mata ini yang buta

وَلَكِنْتَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ- Yang buta adalah hati ayng berada didalam dada kamu.

Itulah yang buta.
Jadikita katakan apa bila dajjal melihat dengan satu mata , yaitu mata kirinya (iniadalah pendapat kami) anda tidak wajib menerimanya, Mata kiri melambangkan mataluaran , dan apabila dajjal buta mata sebelah kanannya itu melambangkan butamata dalamannya. Dan semua yang mengikuti dajjal adalah orang orang yang butamata dalamannya (mata hatinya).

Jadi Khidr a.s yang melihat dengan matadalaman adalah berlawanan dengan dajjal. Jadi sekarang Musa a.s berkata ” sayamau mengikuti kamu” untuk belajar dari kamu , tapi saat Musa a.s  berkata “ sayalah orang yang paling berilmudari kalangan manusia ” sudah barang tentu Musa a.s berbicara untuk fihak baniIsrail .
jadi implikasi darikenyataan/kejadian tersebut adalah kamu sekarang seorang yang buta matadalamannya , kamu terbatas .. itulah kamu sekarang ini , kamu terbatas. Jadilelaki bermata satu ingin belajar dari lelaki yang melihat dengan dua mata.

Ingat ! Allah s.w.t menggunakanNabi Musa a.s untuk menyampaikan pesan/meseg kepada bani israil ,  saya tidak bermaksud mengatakan bawa yangNabi Musa a.s seorang yang bermata satu tidak , astaghfirullah , ( ini adalahsimbolik). Jadi seorang lakilaki bermata satu mau belajar dengan laki laki yangmelihat dengan dua mata. Coba tebak respon Khidr a.s dan dia jawabannya?

Dua ayat ini teramat penting ,saya mgnganggapnya sebagai ayat yang paling penting dalam keseluruhan surahal-kahfi. Dengar ! Q.S Al-Kahfi ayat 67.

قَالَإِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيعَ مَعِيَصَبْرًا - "Diamenjawab: 'Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabarbersamaku." – (QS.18:67)

Engkau ( Musa) tidak akan dapatmenunjukkan kesabaran denganku (Khidr). Lelaki bermata satu tidak akan dapatmenunjukkan kesabaran untuk belajar dari lelaki yang melihat dengan dua matanya.

Q.S Al-Kahfi ayat 68

وَكَيْفَتَصْبِرُ عَلَى مَا لَمْتُحِطْ بِهِ خُبْرًا - "Dan bagaimana kamu dapat sabaratas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang halitu'." – (QS.18:68)

Dan bagaimana kamu bisa tunjukkansifat sabar terhadap perkara yang engkau tidak mengetahui secarameliputi/keseluruhan/komprehensif.

Dan jadi ... adakalanya Anda harusmenempatkan mereka di tempat yang sesuai untuk merekaketika mereka datangberlagak / berpurapura meminta ilmudari kamu letakkan juga mereka dengan keras.Kamu tidak bisamendapat ilmu dariseorang Nabi, kamutidak bisa mendapatilmu dari sorang Khidr melainkan kamu merendahkan dirikamu dan mendengarkan baik baik daripada  asyik betanya dengan berbagai macam pertanyaan,jadi dengarkan ... dan tunggu hingga kefahaman mendatangi kamu.
Jadi Musa a.s berkata “ sayaberjanji kepada kamu, bahwa saya akan bersabar “.
Kemudian ajwab Khidr “baiklah jika begitu kamu boleh ikut dengan satu syarat”: “ jangan Tanya saya apaapa persoalan sampai saya memberikan penjelasan kepada kamu”.

Baru sebentar saja tadi kamumenyatakan bahwa kamu orang yang paling berilmu didunia ini , jadi sekarangkamu dijatuhkan kepada keadaan “ jangan bertanya apa apa sebelum sya memberikanpenjelasan kepada kamu ”. jadi kemudian Musa a.s setuju untuk tidak bertanya.

Dan kemudian mereka berjalan hinggahingga menemui tiga kejadian, tapi saya tidak punya waktu untuk menjelaskanpanjang lebar mengenai semuanya. Saya berharap jika saya mempunyai waktu yangcukup saya akan menjelaskannya.

Kejadian pertama adalah mengenaikapal ,dan dia (khidr) melubagi kapal tersebut, dan Musa merasa agak meradang ,kemudian dia bertanya “mengapa kamu melakukan itu ? perkara buruk yang telahkamu lakukan, khidr berkata “bukankah saya sudah beritau kamu jangan bertanyaapa apa”? Musa menjawab “ tolong maafkan saya , saya minta maaf”.
Dan kemudianmereka meneruskan perjalanan dan dia (Khidr) memotong /membunuh anak kecil , OhTuhanku ini sudah teruk/buruk ,ini sangat buruk sekali kamu membunuh seorang anakkecil ,seorang yang tidak bersalah mengapa kamu melakukan itu ? Khidr menjawab “bukankahsaya telah beritau kamu jangan bertanya apa apa sebelum saya memberikanpenjelasannya kepadamu ”. saya minta maaf  maafkan saya kata Nabi Musa a.s jika sayabertanya Tanya lagi kamu bisa mengusir saya.

Nabi Muhammad s.a.w memberikankomnetar terhadap ayat Al-qur’an ini , dan beliau bersabda:

“Alangkah baiknyajika Musa a.s dapat menunjukkan kesabaran lebih kita akan dapat belajar lebihbanyak lagi”.

Jadi dia (Nabi Musa a.s) berkata”jika saya bertanya lagi kepada-mu(Khidr) kamu boleh mengusir saya”. Dan kemudianmereka sampai di sebuah kota yang mana penduduknya tidak ramah sama sekali , tidakmenunjukkan sifat keramah tamahan sama sekali , dan terdapat sebuah tembok yangmana telah di bangun oleh seseorang yang tembok itu hamper runtuh  dan Khidr a.s dari sakunya sendiri membayaruntuk agar tembok itu dibangun kembali dan Nabi Musa-pun mempermasalahkannya “orang orang disini tidak bisa ramah kepada pengunjung , setidaknya kamu bisameminta imbalan /meminta kembali uang yang telah kamu belanjakan “.

Khidrmenjawab ”bukankah saya sudah katakana jangan bertanya apa apa sebelum sayamemberikan penjelasannya”. Dan di sinilah saat terakhir Nbi Musa bersama Khidra.s

قَالَهَذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَسَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِعْعَلَيْهِ صَبْرًا - "Khidhr berkata:'Inilah (saat) perpisahan antara aku dengan kamu; Aku akan memberitahukankepadamu, tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabarterhadapnya." – (QS.18:78)

Sekarang lah saatknya kitaberpisah dan kamu boleh pergi , tapi sebelum kamu pergi biar aku jelaskankepadamu apa yang kamu tidak fahami atask apa yang aku lakukan, biarkan sayaberikan kamu “Takwil” Takwil maksudnya pentafsiran/interpretasi  dan Tafsir adalah penjelasan atas tigakejadian yang telah dipilih adalah kejadian ayng tidak dapat difahami kecualiditafsirkan.

Apakah ini sebuah kebetulan? JikaAllah s.w.t telah memilih tiga kejadian yang tidak dapat difahami kecualidengan pentafsiran/ditafsirkan terlebih dahulu? Dan pentafsiran itu hanya dapatdilakukan dengan ilmu yang datangnya dari langit ( dari Allah s.w.t).

Saya harap kalian( yahudi/baniisrail) mendengarkan saya , karena 20 tahun ayng akan datang akan menjadisesuatu ayng amat menarik dalam pertempuran ini yaitu antara Zionisme dan DuniaIslam. Dan sarjana islam perlu dilatih, sarjana islam perlu bersiap untukpertempuran ini.
Penjelasan Khidr a.s :

1.
Mengapa saya melubangi perahutersebut , adalah karena terdapat seseorang raja yang akan datang untukmerampas bot tersebut. Merampas harta kamu dan dengan jalan melubangi perahutersebut saya telah menyelamakannya danapabila raja itu telah lewat kita bisakebali memperbaiki perahunya lagi. Jadi apabila terlihat oleh kamu sesuatu yangtidak baik  adalah tidak langsungsebenarnya seprti itu,dan itu adalah sebuah kebijaksanaan juga kecerdasan. Olehkarena itu jika penilaian kamu dasarkan/bersandar hanya kepada pa yang terlihatdari luar , dan analisis kewarasan/rasionalitas maka kamu mungkin akan bisasalah menafsirkannya , sebagaimana salahnya Nabi Musa menafsirkan kejadian ayngdialaminya bersama Khidr a.s . ini adalah pelajaran untuk bani Israel .

2.
Anak yang telah dibunuh itu , initidak mungkin kejadian ayng sebenarnya, mengapa ? karena itu adalah harammembunuh seseorangyang tidak bersalah. Jika kamu membunuh anak yang tidakbersalah kamu harus bayar dengan nyawa kamu sendiri , tapi ini adalah manusiaayng paling bijaksana dari kalangan manusia, jadi jelas sekali kamu hanyamembutuhkan kecerdasa yang bernilai 5 ringgit,tidak lebih dari itu untukmemahami bawa ianya bukanlah kejadian ayng sebenarnya tetapi ianya adalahsesuatu yang pelu ditafsirkan/di interpretasi .
Anak ini sudah sesat,seseorangtelah menguasainya,dia telah besar dan tersesat , di akhir zaman seseorang akanmencoba mendapatkan anak anak kamu dan apabila seseorang itu berhasil menguasaianak kamu dia akan besar dan menjadi tersesat. Anak kecil kamu itu akan menjadihomoseksual. Apa yang akan kamu lakukan apabila anak kamu menjadi homoseksual? Dankamu adalah orangtua ayng menyembah Allah s.w.t ,kamu tidak bisa mengubahdirinya apa yang akan kamu lakukan?

Jadi dia bunuh anak itu dan berdo’akepada Allah agar Allah memberikan mereka anak yang lebih baik. Ini menyampakanpesan kepada kamu di akhir zaman, untuk melubangi perahu kamu, jangan lagimenyetir Mercedes benz ,kereta yang kecil adalah lebih baik dan kamu akan hiduplebih selamat.
Rumah seharga 5 juta USD yangbesar di damansara heights atau dimana saja dan kamu perlu juga membayar untukmenjaganya, menjaga kamu ( satpam), setiap ruangan ada satpamnya , tapi jikakamu tinggal di rumah desa/kampung sebuah rumah kecil ayng cantik di desa,dankamu hidup seperti orang kampung kamu melubagi dan mengeggelamkan perahu kamu ,kamu bisa hidup lebih selamat dan terjamin.
Dan apabila kamu melihat ank kamumembesar dan perancang kerusakan itu telah menguasainya (dajjal) dan kamu tidakbisa membetulkannya dan kamu sudah melakukan apa saja semampu kamu. Putuskan hubungankamu walapun mereka adalah anak kamu, putuskan hubungan kamu. Dan teruskankehidupan tanpa mereka,jika tidak mereka akan membinasakan kamu.

3.
Dan tembok itu, dibawah tembokitu seseorang yang beriman dan akan meninggal dunia meninggalkan dua anakyatim,dan dia mau meninggalkan hartanya untuk mereka tapi tidak dapat menjumpaisesorang yang lelaki jujur,.. tak da seorangpun.

Suatu seperti lower manhattan,kamutau letaknya itu di wallstreet? Disana tak bisa berjumpa dengan satu pun lakilaki yang jujur,jadi dia gali lubang dan tanam uang tersebut, dan saya yakinuang itu bukanlah aung kertas ringgit atau rupiah,karena itu akan hancur jikaditanam, tentunya itu adalah dinar dan dirham yaitu uang yang asli bukan uang kertasyang palsu dan haram itu. Jadi dia menggali dan menanam uang tersebut kemudiandia membangun tembok diatasnya dan berdo’a kepada Allah untuk menjaga harta ituuntuk anak yatim itu.oleh akrena tembok itu hampir tuntuh maka Allah, memerintahkanpadaku untuk membangunnya kembali.
 Jadi ada lebih banyak benda yang kamu bisalihat , saya lihat Musa a.s penilaian kamu berdasarkan pemerhatian luaran dankamu telah tersalah sebanyak tiga kali , dan penilaian saya adalah berdasar imudalaman disamping pemerhatian luaran dan saya dapat mengenai/mengetahui apayang kamu tidak dapat ketahui.
Seperti uang kertas itucontohnya. Tapi ada satu hal lagi hubungan kait antara Khidr dan Dajjal dansaya mau melakukanya sebelum saya akhiri ceramah ini .

Nabi Musa a.s adalah ketua ummahbani israil,dan mereka merupakan kaum yang menantikan kedatangan al masih danmereka mendengar bahwa seseorang akan datang ke Madinah jadi para ulama yahudiyang hebat berhijrah ke madinah yang mana pada saat itu madinah adalah yastrib.Memperkirakan dan menunggu kedatangan orang itu. Dan apabila Nabi Muhammads.a.w muncul di Mekah, orang orang Quraisy tidak tau bagaimana cara menanganisituasi ini,bagaimana kita bisa mengetahui bahwa dia adalah seorang Nabi yangbenar?

Kemudian orang qurais mengirimdelegasi/utusan ke madinah yang ketika itu dipanggil yastrib,kebetulan sayabaru menulis buku ini yang baru datang dari percetakan semalam judul bukunyaadalah “Madinah Return to Center Stage in Akhirulzaman”.

Lalu mereka mengirim delegasi ke madinahuntuk bertanya kepada ualama yahudi (rabi)tentang bagaimana kita bisa tau bahwadia adalah Nabi asli? Kemudian rabai itu membalas dan menyuruh mempertanyakantiga hal, yang mana pertanyaan itu hanya seorang Nabi yang bisa menjawabpertanyaan itu. Dan didalam buku ini (buku Suratul Khf in Modern Age) kitamenganalisanya kita menganalisa 3 persoalan/pertanyaan tersebut:

1.       Tanyakankepadanya mengenai Ruh/spirit,

2.       Tanyakanpadanya mengenai pengembara hebat yang mengembara ke-kedua ujung dunia

3.       Tanyakanpadanya mengenai manusia yang hebat pemuda itu didalam gua.

Hanya seorang Nabi saja yangdapat menjawab pertanyaan itu,dan Allah menurunkan jawabannya didalam al-qur’an.

Allah s.w.t dalam menurunkanjawaban tersebut melakukan sesuatu untuk memberitau mereka yang aku memahami yangpertanyaan pertama berbeda dengan dua yang lainnya, dua yang lain berkaitandengan akhir zaman tetapi ayng pertama tidak berkaitan. Jadi Dia( Allah s.w.t)menurunkan jawaban kepada pertanyaan pertama tetapi Dia(Allah)letakkan itu disurah Al isra 85

وَيَسْأَلُونَكَعَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْأَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْمِنَ الْعِلْمِ إِلا قَلِيلا

"Dan mereka bertanyakepadamu tentang ruh. Katakanlah: 'Ruh itu termasuk urusan Rabb-ku, dantidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit'." – (QS.17:85)

Dan mereka bertanya kepadamutentang Ruh. Dan kemudian Alalh s.w.t memberikan jawaban kepada pertayaan keduamengenai pengembara yang hebat, dan Dia(Allah) meletakkan dalam surah Al-Kahfitidak dalam surah Al isra karena surah al-kahfi adalah surah mengenai alhirzaman,dan kemudian Allah memebritau kita tentang Dzulkarnain,tapi perhatikan! Perhatikandengan cermat! Yang dalam menjawab pertanyaan pertama Dia(Allah) mengulanginyahal tersebut dan kemudian menjawabnya, (QS.17:85) Dia (Allah)mengulangi soalantersebut, dan kemudian menjawabnya.

Dan dalam menjawab soalan keduaDia(Allah) melakukan hal ayng sama (QS.18:83)
وَيَسْأَلُونَكَعَنْ ذِي الْقَرْنَيْنِ قُلْسَأَتْلُو عَلَيْكُمْ مِنْهُ ذِكْرًا - "Mereka akan bertanya kepadamu(Muhammad) tentang Dzulqarnain. Katakanlah: 'Aku akan bacakan kepadamu ceritatentangnya'." – (QS.18:83)

Mereka akan bertanya kepadamu Muhammadtentang Dzulkarnain dan kemudian Dia (Allah) menjawabnya, dan dalam menjawabsoalan kedua mereka hanya bertanyakan kepadanya mengenai dua pengembaraan Timurdan Barat. Tapi Allah tau sasaran/target soalan tersebut adalah mengenaipengembaraan ayng ketiga.
Dan jadi Dia (Allah) menjawab soalan tersebut danmemberikan pengembaraan yang ke tiga.
Dan dalam memberikan pengembaraan yangketiga Dia (Allah) membawa mereka kepada Ya’juj dan Ma’juj. Itulah sasaransoalan tersebut “Ya’juj dan Ma’juj”. Yang mana itu adalah tanda utama harikiamat.

Jadi jelas soalan ketiga mesti juga terkait dengan tanda utama harikiamat secara tak langsung.
Tetapi dalam menjawab soalanketiga Allah s.w.t tidak mengulangi soalan tersebut, mengapa?
Tidak ada dalam al-qur’an sesuatuyang terjadi itu secara kebetulan,saya ingin mencadangkan kepada kamu bahwasasaran soalan ketiga adalah dajjal, dan karena Allah mau membuatkan merekaterus menerka, Dia(Allah) tidak mengulangi soalan tersebut, dan dalam menjawabsoalan itu Dia(Allah s.w.t) tidak membawa mereka kepada dajal. Jadi perkataandajjal tidak terdapat  dalam al-qur’an danperkataan Khidr tidak terdapat di dalam al-qur’an, dan Imam Mahdi tidakterdapat didalam al-qur’an, dan tanda tanda kepada akhir zaman terutamanyakembalinya Nabi Isa a.s itu juga tidak dinyatakan jelas di dalam Qur’an,Mengapa?

Jawabannya adalah :

Karena Allah ingin membuatkanmereka terus meneka, kita akan memahaminya tapi mereka tidak jadi terdapathubungan keterkaitan antara Khidr a.s dan dajjal. Dajjal terletak didalamsuratul kahfi dan ianya bukan suatu ayng kebetulan bahwa Khidr a.s  terletak di suratul kahf dalam Qur’an.

Saya ingin akhiri sekarang denganmenyarankan sebaik yang saya mampu dengan menasihatkan bahwa ini adalah jalankesarjanaan Islam, ianya dengan kesedihan perlu saya nyatakan , bahwa duniakesarjanaan islam telah gagal , dan gagal dengan teruknya, walaun untukmemahami apa ayng berlaku dalam dunia keuangan pada hari ini. Apa yang terjadiapda dunia ekonomi pada hari ini,apa ayng terjadi pada dunia politik hari ini .

jadi kamu ada ikhwanul muslimin di mesir dan kamu ada salafi dimesir, bersamamengundi sama dengan yang lainnya dalam pemilu,turut serta dalam sarkas tanpailmu pengetahuan,itu bukanlah jalan untuk kamu adalah datangnya dari dajjal. Negarasekuler modern datangnya dari dajjal dan itupun kamu tidak memahaminya, dankamu mahu kembalikan islam dengan mengadakan pemilu didalam Negara sekulermodern? Adakah itu sunnah? Dunia sarjana islam telah gagal sangat teruk sekalidalam menyikapi tantangan akhir zaman.

Dan apa yang saya dan kamu bisa lakukansekrang dengan anak leaki dan anak perempuan adalah untuk melahirkan sarjanaislam yang baru, dan didalam sarjana islam itu yang akan membalas tindakankepada Zionis Israel. Perlu melalui jalan yang sama seperti khidr a.s dan jalankepada khidr a.s hanya bisa datang jika kamu juga mendaptkan spiritualitasislam ianya dinamakan tasawuf,saya berharap agar perkataan tasawuf tidak pernahdicipta karena perkataan “al ihsan” ada disitu didalam hadist, al ihsanbukantasawwuf tapi ianya adalah tunggak kepada Islam, untuk menyembah Allah seolaholah kamu melihat-Nya. Melihat-Nya dengan hati kamu, jadi kita perlu dapatkanjalan sepiritual untuk mendapatkan Nur didalam hati yang mana ianya mempu mebuatkita dapat melihat.

Mari kita akhiri dengan hadistini, dari guru saya Maulana Muhammad Fadlur Rahman Anshari r.a amat suka sekalimenyebutnya , dan inilah dimana sarjana islam perlu bergerak.
Rasulullah s.a.w bersabdahadistnya dalam sunan Tirmidzi,:

“ittaqu forasatal mu’min fainnahuyanzuru binurillah” – takutlah pada penglihatan  dalaman/ gerak hati /kerohanian/spiritual/seorang mukmin , karena apabila dia melihat dia melihat dengan Nur-Nya Allah.

Kita berdoa agar kita sekarang tidakpunyai kesabaran dalam hati kita penuh keinginan dalam hati kita, saudara danjuga saudari untuk mencari jalan khidr a.s , agar kita dirahmati dengan ilmuyang mengalir turun kepada kita seperti sungai dari Allah .






Robbana taqobbal minnaantassami’ul aliim

watub’alaina ya maulana innaka anta tawwaburroqhiim

biroqhmatika ya arqhamarroqimiin……….

Wassalamualaikum warohmatullohiwabarokatuuh…….

Insyallah bersambung dalamtema/subyek yang lain….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar